Infolinks In Text Ads

Tips Mengenalkan Makanan pada Si Picky Eater


Secara alami, anak memiliki takaran tersendiri seberapa banyak makanan yang ia butuhkan untuk tumbuh dan sehat. Ia juga punya pilihan sendiri makanan apa yang akan ia santap.
Yang bisa Anda lakukan adalah menyediakan berbagai pilihan makanan sehat dalam kondisi tanpa paksaan. Namun, memiliki balita yang pemilih dalam hal makanan membutuhkan trik tersendiri. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba:

Buat jadwal yang jelas untuk acara makan anak Anda, yaitu tiga kali makan dan dua kali camilan sehat di antaranya. Menurut para ahli, kebanyakan si pemilih makanan ini adalah anak yang hanya makan sedikit dalam sehari. Memastikan anak mendapat makan berat dan camilan akan membantunya makan saat lapar dan mengurangi terlalu banyak ngemil.
 
Sediakan makanan yang bervariasi setiap kali jadwal makan tiba. Ketika memberinya makanan baru, letakkan saja di piringnya dan jangan memaksanya untuk menghabiskan. Jangan lupa, pastikan bahwa makanan yang Anda berikan padanya memang sesuai untuk usianya.
Kenalkan makanan baru hanya satu jenis dalam satu waktu dan dalam jumlah sedikit. Hindari memberikan makanan yang seluruhnya belum ia kenal. Lebih baik, berikan ia makanan baru sambil tetap memberikan makanan favoritnya. Selalu sertakan setidaknya satu makanan yang ia sukai.
Berikan makanan baru ketika ia sedang lapar.

Berikan porsi balita, yaitu seperempat porsi orang dewasa. Daging untuk anak usia satu tahun ukurannya sebesar telapak tangannya, dan sayuran sekitar 1-2 sendok makan.
Cobalah untuk memahami bahwa selera anak-anak lebih sensitif daripada orang dewasa. Beberapa anak mungkin tidak menyukai tekstur, warna, atau rasa makanan tertentu. Itu sebabnya, seorang anak bisa jadi tidak menyukai makanan yang sebetulnya belum pernah ia coba. Di sisi lain, ada pula anak yang menolak makanan tertentu karena mengingatkannya pada saat ia sakit atau karena punya asosiasi yang negatif terhadap makanan itu.  

Cari berbagai macam cara untuk meningkatkan nutrisi makanan yang disukai balita Anda. Misalnya, tambahkan gandum atau ayam yang dipotong dadu pada macaroni casserole, atau potongan buah pada sereal yang ia makan.
Hindari memberikan makanan manis hanya agar anak Anda makan lebih banyak. Ingat, yang sedang Anda lakukan adalah meningkatkan petualangan citarasa kulinernya.
Hindari adanya selingan di meja makan agar anak Anda tetap fokus pada makanannya. Misalnya, kakaknya berlarian di sekitar meja makan atau teve yang menyuguhkan film kartun sedang menyala. Sebaiknya, usahakan acara makan anak Anda dalam keadaan nyaman dan tenang.

http://www.tabloidnova.com/Nova/Kesehatan/Anak/Tips-Mengenalkan-Makanan-pada-Si-Picky-Eater

0 komentar:

Posting Komentar